Cermat Mengatur Uang THR Agar Tak Lenyap Begitu Saja

Semua karyawan pasti menantikan uang Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang lebaran. Karena uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk mudik dan berbagai kebutuhan lainnya. Namun, sebaiknya Anda tidak gegabah menggunakan uang THR. Tak ada salahnya berburu tiket mudik gratis dan sejumlah diskon lainnya supaya uang THR Anda tidak cepat habis.

Jika selama ini Anda kesulitan mengatur uang THR, sebaiknya Anda mencermati tips-tips berikut ini agar bisa mempraktikannya:

Menyisihkan Sebagian THR untuk Kebutuhan Lebaran

Hal pertama yang wajib Anda lakukan setelah menerima THR adalah menyisihkannya untuk kebutuhan lebaran. Karena kebutuhan lebaran pasti jauh lebih banyak dibandingkan hari biasa. Anda harus menyiapkan makanan, biaya mudik, bingkisan lebaran, dan sejumlah hal penting lainnya. Selain mengandalkan sebagian tabungan, THR juga bisa menjadi andalan untuk segala kebutuhan tersebut.

Jangan Lupa Menyiapkan Dana untuk Berbagi

Rezeki berupa THR bukan hanya hak pribadi Anda. Sebaiknya Anda juga mengalokasikan dana untuk berbagi dengan sesama. Anda bisa bersedekah atau menyiapkan bingkisan lebaran untuk orang terdekat yang membutuhkan (petugas kebersihan dan keamanan di lingkungan rumah). Berbagi rezeki menjelang lebaran akan menggugah rasa kepedulian Anda terhadap sesama. Silaturahmi dengan sesama pun terjalin dengan baik.

Cek Informasi Mengenai KTA Online di sini!

Berusaha Melunasi Utang

Sebagian persentase THR Anda juga patut digunakan untuk melunasi utang. Anda harus berupaya melunasi utang secepat mungkin untuk meringankan beban finansial pribadi. Terutama kalau Anda memiliki utang yang bunganya besar. Kalau sudah melunasi utang dengan uang THR, Anda akan lebih leluasa mengatur pendapatan di bulan-bulan mendatang.

Menyiapkan Dana Darurat

Jangan biarkan uang THR Anda habis begitu saja untuk hal-hal yang kurang penting. Anda mesti berusaha menyisihkannya untuk dana darurat. Mungkin saja ada kebutuhan lebaran yang belum Anda siapkan dan membutuhkan uang cukup banyak. Simpanlah dana darurat sebaik mungkin supaya Anda tidak tergugah untuk menggunakannya.

Investasi Juga Tak Kalah Penting

Bila uang THR masih bersisa setelah digunakan untuk kebutuhan lebaran dan dana darurat, Anda dapat mengalokasikannya untuk investasi. Pilihlah jenis investasi yang risikonya relatif kecil seperti emas atau deposito. Dengan demikian, nilai uang Anda akan terlindungi dari inflasi dan berpotensi menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Nantinya, Anda bisa menggunakan dana investasi untuk kebutuhan yang bersifat mendesak.

Uang THR yang jumlahnya meningkat setiap tahun tidak boleh membuat Anda kalap saat menggunakannya. Sisihkan THR secara cermat untuk memenuhi beragam kebutuhan dan melakukan persiapan finansial secara matang.

Ingin lebih menghemat uang THR lagi? Cari tau cek cara untuk mudik secara gratis di sini https://www.cekaja.com/info/cek-tawaran-mudik-gratis-dari-4-bumn-berikut-ini/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *