Awas Modus Penipuan Pinjaman Tunai Online, Kenali Ciri-Cirinya Berikut Ini!

Kemajuan jaman membuat perubahan besar untuk kehidupan manusia. Adanya perkembangan di bidang teknologi, muncul pinjaman online cepat dan mudah yang mengalahkan pinjaman di bank secara konvensional. Pinjaman online sering disebut sebagai fintech.

Seseorang yang ingin mendapatkan pinjaman online bisa melakukannya dengan mudah. Hal ini memberikan keuntungan bagi masyarakat, terutama mereka yang memiliki kebutuhan mendesak sehingga butuh dana dengan cepat. Akan tetapi, dibalik kemudahan mendapatkan pinjaman dana secara online, ada bahaya terbelit hutang yang besar karena adanya bunga yang tinggi.

Tidak semua jasa penyedia pinjaman online memberikan bunga rendah, terutama bagi yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Ada beberapa tempat yang memberikan pinjaman dengan syarat begitu mudah, tapi bunga angsuran sangat tinggi, yaitu di atas kewajaran.

Anda harus berhati-hati karena saat ini rentenir atau lintah darat bukan hanya di desa-desa saja, tapi juga mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan jaman. Kini, ada rentenir online yang menawarkan pinjaman dengan proses cepat dan syarat mudah, namun cicilan sangat tinggi.

Ciri-Ciri Rentenir Online Sebagai Penyedia Pinjaman Online Cepat dan Mudah

Jangan sampai Anda terjebak pada rentenir online saat akan mengajukan pinjaman online. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan ciri-ciri rentenir online. Keberadaan mereka sangat mencemaskan karena jika terjerat rentenir online, maka bisa menyebabkan munculnya masalah-masalah lain seperti keretakan rumah tangga, kasus kriminalitas, dan hal lainnya.

Berikut ini ciri-ciri rentenir online yang perlu Anda ketahui.

1. Bunga Angsuran Sangat Tinggi

Ciri utama yang bisa Anda perhatikan dari rentenir online adalah memberikan pinjaman dana dengan bunga angsuran yang sangat mahal. Biasanya, bunga angsuran dihitung berdasarkan per bulan. Namun, tempat pinjaman online dengan bunga tinggi bisa mematok besarnya bunga dengan hitungan jam. Untuk menarik minat para nasabah, mereka memberikan syarat mudah dan dana diberikan dalam waktu sangat cepat. Dengan cara ini, seseorang yang memang membutuhkan dana darurat bisa tergoda.

2. Syarat mudah dan dana langsung cair

Ciri kedua dari rentenir online adalah menentukan syarat pendaftaran dengan cara yang sangat mudah dan dana pinjaman bisa cepat cair. Misalnya saja hanya membutuhkan fotocopy KTP dan foto diri. Padahal, umumnya pengajuan pinjaman membutuhkan beberapa persyaratan dokumen. Selain KTP, dokumen yang biasa digunakan adalah jenis agunan yang akan dijaminkan. Selain itu, pihak pemberi pinjaman juga akan mengecek riwayat kredit di BI Checking.

3. Aturan Nilai Bunga Sesukanya

Rentenir online akan memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik-baiknya. Misalnya saja, ketika Anda suatu saat tidak bisa membayar angsuran tepat waktu. Maka, ada denda berupa bunga yang mesti dibayarkan. Jumlah bunga ini sangat fantastis di luar kewajaran. Semakin lama tidak membayar angsuran beserta bunganya, maka jumlah hutang akan semakin naik hingga membengkak.

4. Angsuran Macet, Justru Memberi Tawaran Hutang Baru

Rentenir online biasanya akan memberikan tawaran untuk memperbarui hutang, ketika angsuran macet. Cara ini digunakan untuk menutup hutang yang lama. Alasan mereka ialah ingin menolong. Padahal, cara gali lubang tutup lubang ini benar-benar merugikan pihak nasabah. Bukannya keluar dari jeratan hutang yang jumlahnya semakin besar, justru seseorang semakin terjerat pada rentenir online.

Waspadalah terhadap keberadaan rentenir online. Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online yang cepat dan mudah, Anda harus mencari tempat paling tepat. Sebaiknya, Anda pilih CekAja.com. Situs penyedia pinjaman online ini berada di bawah pengawasan OJK sehingga bunga yang diberikan sangat rendah. Cek di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/ Dapatkan dana pinjaman online dengan syarat mudah dan pencairan dana cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *