Rahasia Menjaga Kestabilan Berat Badan selama Mudik di Kampung Halaman

Mudik merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan mayoritas masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Peraturan ganjil genap saat mudik dan sejumlah aturan ketat lainnya tak menghalangi antusiasme masyarakat untuk mudik. Karena momen berkumpul dengan keluarga dan para sahabat selalu ditunggu-tunggu pada hari lebaran.

Meskipun Anda merasa bahagia saat mudik, jangan sampai kebahagiaan tersebut membuat Anda kalap makan dan mengalami kenaikan berat badan berlebihan. Pahami rahasia berikut ini agar bisa menjaga kestabilan berat badan selama mudik:

Menikmati Makanan dengan Porsi Kecil

Berada di kampung halaman memang sering membuat nafsu makan meningkat. Karena banyak suguhan makanan lezat yang sudah lama tidak Anda jumpai. Namun, jangan sampai Anda kalap menyantap makanan dengan porsi besar secara berlebihan. Usahakan untuk makan dengan porsi kecil agar Anda tidak lekas kekenyangan dan tidak menimbun kelebihan kalori pada tubuh. Niscaya Anda tak akan mengalami masalah berat badan pasca mudik.

Jangan Terlalu Banyak Ngemil

Selain mengonsumsi makanan berat, ngemil juga membuat berat badan Anda rentan bertambah. Sebaiknya Anda membatasi konsumsi camilan selama berada di kampung halaman. Sebagai gantinya, aneka camilan lezat tersebut bisa dibawa sebagai buah tangan saat akan kembali ke kota. Anda masih bisa menikmatinya di lain hari meskipun sudah tidak berada di kampung halaman.

Tetap Beraktivitas Fisik secara Teratur

Mudik bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur. Luangkan waktu untuk tetap beraktivitas fisik selama berada di kampung halaman. Anda dapat melakukan aktivitas sederhana berjalan kaki, bersepeda, atau berenang di pagi atau sore hari. Aktivitas fisik dengan intensitas ringan akan menstabilkan metabolisme tubuh dan memaksimalkan proses pembakaran kalori. Tubuh Anda pun akan tetap bugar selama mudik di kampung halaman.

Mengajak Sanak Saudara Pergi Rekreasi

Cara menyenangkan lainnya yang efektif menjaga kestabilan berat badan saat mudik adalah pergi rekreasi. Ajaklah sanak saudara untuk pergi rekreasi ke tempat-tempat yang populer. Saat ini, banyak objek wisata baru berkonsep alam yang harga tiketnya terjangkau. Aktivitas rekreasi di alam bebas akan membuat tubuh Anda aktif bergerak. Momen rekreasi yang seru pun membuat Anda senantiasa bugar dan bersemangat.

Jangan sampai rutinitas mudik bikin Anda rentan kelebihan berat badan atau obesitas. Nikmati momen mudik bersama keluarga tanpa mengabaikan kesehatan diri sendiri. Supaya Anda senantiasa sehat dan bersemangat ketika harus kembali beraktivitas di tanah rantau. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa langsung mengunjungi https://www.cekaja.com/info/apa-jadinya-kalau-ganjil-genap-diberlakukan-saat-mudik-lebaran/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *