bisnis oleh-oleh paling diincar wisatawan

Jika kita berlibur ke suatu tempat, pastinya hal yang paling diingat adalah membeli buah tangan atau oleh-oleh khas daerah tersebut sebelum pulang. Mulai dari makanan, barang-barang asli daerah tersebut, hingga cinderamata bisa dijadikan oleh-oleh. Melihat banyaknya keuntungan yang didapat, membangun bisnis oleh-oleh juga bisa dibilang sebagai bisnis yang tak ada matinya dan akan terus dicari.

Biasanya, wisatawan akan tertarik dan mengincar sesuatu yang hanya didapat di, serta menjadi ikon daerah tersebut. Sebut saja, salah satu makanan khas kota Jakarta seperti kerak telor yang hanya bisa ditemukan di kota Jakarta saja. Tentu saja, membangun bisnis oleh-oleh bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang banyak peminatnya.

Namun, selain Anda harus memikirkan apa yang bisa Anda jual, Anda juga harus memikirkan tempat serta lokasi bisnis Anda. Misalnya, Anda harus memilih lokasi yang dekat dengan keramaian atau yang sering dikunjungi wisatawan. Karena, di tempat tersebut banyak target konsumen yang bisa dijadikan sasaran seperti wisatawan luar daerah bahkan asing.

Lalu apa saja bisnis oleh-oleh yang banyak dijalani dan menguntungkan? Berikut rangkumannya:

1. Bisnis oleh-oleh khas daerah

Bisnis oleh-oleh yang satu ini sepertinya harus memiliki kaitan terhadap kota asal. Seperti kota Garut terkenal dengan dodolnya, Sukabumi terkenal dengan Moci, Medan terkenal dengan bika ambon dan masih banyak lagi.

Tidak hanya makanan, Anda juga bisa membangun bisnis oleh-oleh karena keahlian penduduk dalam membuat sesuatu, seperti Cibaduyut yang terkenal dengan sepatu khas yang terbuat dari kulit asli dan kuat. Tajur, Bogor yang terkenal dengan toko tas lokal terbesar karena kualitas yang sangat baik.

Baca Juga: Mahasiswa Belajar Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

2. Bisnis oleh-oleh haji

Salah satu bisnis oleh-oleh yang tidak ada matinya adalag bisnis oleh-oleh haji. Biasanya, rombongan haji yang pergi ke Saudi Arabia akan membeli oleh-oleh khas negara tersebut seperti kurma, minyak wangi, sajadah, air zam-zam, kacang-kacangan dan masih banyak lagi. Namun, tidak sedikit dari mereka tidak mau repot membeli semua oleh-oleh tersebut langsung di Makkah, terlebih, mereka harus membayar bagasi lebih karena terlalu banyak membawa oleh-oleh.

Nah, bagi mereka yang tidak mau repot akan hal tersebut, biasanya mereka membeli oleh-oleh haji yang tersedia di tanah air, bahkan disetiap kota pun ada. Dengan begitu, melihat banyaknya peminatnya, bisnis oleh-oleh haji bisa menjadi salah satu peluang yang cukup berpotensi. Karena biasanya, seseorang yang pergi haji pasti akan membeli oleh-oleh dalam jumlah besar yang nantinya akan dibagikan ke saudara, kerabat hingga tetangga sekampung.

3. Bisnis cinderamata

Salah satu barang yang diincar saat sedang berlibur ke suatu daerah adalah cinderamata. Tak sedikit orang yang tak mau melewatkan membeli oleh-oleh yang satu ini. Karena hanya ada di daerah tersebut dan juga menjadi ikon tersendiri, membuat bisnis oleh-oleh cinderamata sangat dicari-cari. Apalagi jika wisatawannya mayoritas anak-anak yang suka dengan sesuatu yang unik atau memang wisatawan penyuka kerajinan, seperti topeng khas Jawa Tengah, gelang batu khas Kalimantan, patung ikon daerah seperti patung Garuda Wisnu Kencana, Kerajinan rotan khas bali hingga miniatur-miniatur gedung bersejarah di daerah tersebut.

Bisnis oleh-oleh cinderamata khas daerah biasanya sering dijumpai di toko-toko tempat wisata atau tempat rekreasi, yang pastinya lokasi tersebut sangat berpotensi untuk bisa meraup keuntungan. Nah, selain memilih jenis oleh-oleh apa yang akan Anda jual, ada baiknya juga Anda simak trik sukses membangun bisnis oleh-oleh yang bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/tertarik-menjalankan-bisnis-oleh-oleh-simak-trik-suksesnya-berikut-ini/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *