Tips Mengelola Modal agar Bisnis Tidak Rentan Bangkrut

Modal bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan untuk merintis bisnis. Banyak kasus orang memiliki modal besar tetapi gagal mengelola bisnis hingga akhirnya bangkrut. Jika Anda mengalami kendala modal, Anda bisa mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri untuk mengatasinya. Kemudahan bisnis menggunakan pinjaman KTA dari Bank Mandiri akan membuat Anda leluasa melakukan ekspansi. 

Setelah memiliki modal yang jumlahnya memadai, Anda mesti melakukan beberapa tips ini agar bisnis tak rentan bangkrut: 

Membuat Rekening Khusus untuk Bisnis 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat mengelola modal bisnis adalah membuat rekening khusus. Pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Agar Anda bisa mengelola modal bisnis secara leluasa tanpa terganggu dengan tabungan pribadi Anda. Semua transaksi yang masuk dan keluar dari rekening bisnis patut dicatat dalam laporan keuangan bisnis Anda secara akurat. 

Mengelola Keuangan secara Transparan 

Transparansi keuangan merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis. Itulah sebabnya Anda harus menguasai urusan keuangan bisnis secara cermat. Pahami semua hal yang berkaitan dengan keuangan bisnis walaupun Anda tidak menanganinya secara langsung. Bila perlu, Anda juga dapat menggunakan sofware untuk mengatur laporan keuangan secara praktis. Semua hitungan modal, biaya operasional, dan keuntungan akan tercatat dan tersimpan di software tersebut secara otomatis. 

Menghemat Biaya Operasional Bisnis 

Hal lainnya yang tak kalah penting dalam proses pengelolaan modal bisnis adalah menghemat biaya operasional. Jangan sampai ada proses operasional yang mubazir dan membuat penggunaan modal jadi boros. Jangan malas mencari berbagai informasi terbaru tentang teknologi dalam proses operasional. Menghemat fixed cost setiap bulan akan membuat bisnis Anda berlangsung efisien. Kelebihan modal pun dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya yan tak kalah penting. 

Memanfaatkan Sebagian Keuntungan Bisnis 

Jangan senang dulu bila memperoleh keuntungan bisnis yang besar. Anda harus mengalokasikan sebagian keuntungan tersebut untuk tambahan modal bisnis. Dengan demikian, Anda tak perlu repot mencari tambahan modal dari sumber lain. Ekspansi bisnis dan beragam kebutuhan penting lainnya bisa dilakukan dengan mengandalkan sebagian keuntungan bisnis. Penggunaan keuntungan bisnis untuk menambah modal akan membantu bisnis Anda berkembang pesatSehingga Anda berkesempatan memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi dari bisnis tersebut. 

 

Lihat juga, Informasi Mengenai Pinjaman Dana Terbaik

 

Menyisihkan Dana Darurat 

Bisnis Anda juga butuh dana darurat sebagai cadangan untuk hal-hal tidak terduga. Oleh sebab itu, Anda mesti menyisihkan sebagian modal untuk kebutuhan dana darurat. Jangan menggunakan dana tersebut untuk sembarang keperluan. Sebaiknya Anda menambah dana darurat secara berkala supaya nilainya semakin berlipat ganda. Nanti, Anda bisa menggunakan cadangan dana tersebut ketika ada kebutuhan bisnis yang benar-benar mendesak. 

Jangan Menyimpan Bahan Baku Terlalu Banyak 

Menyimpan banyak bahan baku bukanlah hal yang disarankan dalam bisnis. Sebab Anda pasti butuh modal besar untuk melakukannya. Padahal, bahan baku yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa rusak dan mengurangi kualitas produk jadi. Modal Anda pun akan habis percuma tanpa menghasilkan keuntungan besar. Anda harus mampu mempertimbangkan jumlah bahan baku yang dibutuhkan. Supaya modal Anda tidak terkuras habis hanya untuk persediaan bahan baku. 

Jangan sampai Anda keliru mengelola bisnis dan membuat modal jadi habis tak bersisa dalam waktu singkat. Tak ada patokan khusus untuk urusan mengelola modal bisnis. Namun, pengalaman bisnis yang sudah Anda dapatkan tentu menjadi pembelajaran berharga. Kalau Anda cermat mengelola modal, niscaya bisnis Anda bisa berkembang pesat dan mengungguli persaingan dengan para kompetitor.

Untuk informasi lengkap mengenai pinjaman KTA dari Bank Mandiri dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/banks/mandiri/pinjaman/kta-mandiri

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *